Jumat, 16 Desember 2016

PGN Tambah Jaringan Gas Bumi di Tangerang



Tahun 2014 lalu PGN baru saja meresmikan jaringan pipa gas bumi yang akan dipasang di kota Tangerang. Saat itu tujuannya adalah untuk membantu masyarakat Banten agar bisa menikmati gas bumi yang manfaatnya tidaklah sedikit. Selain harganya sangat terjangkau, penggunaan gas alam seperti ini juga sangat ramah lingkungan dan tentu saja jauh lebih aman. Pada saat diresmikan tahun 2014 lalu banyak warga dan pemerintah setempat yang menghadiri acaranya. Simbolnya adalah keran gas bumi atau yang dikenal dengan nama valve dibuka dan kompor salah satu warga dihidupkan. Hal itu menjadi bukti nyata bahwa gas ini sudah bisa langsung digunakan dengan mudah.

Targetnya saat itu adalah adanya sambungan pipa gas yang berjumlah 1 jutaan khususnya untuk kebutuhan rumah tangga.  Program ini diluncurkan untuk mendukung gerakan sayang Ibu yang sudah ada sebelumnya. Hal ini juga dimaksudkan untuk mendukung program pemerintah akan perpindahan penggunaan BBM yang selama ini berupa minyak tanah menjadi gas bumi. Dan PGN Tangerang sendiri memiliki jumlah pipa gas sebanyak 75% untuk memenuhi kebutuhan komersil seperti bisnis dan juga kebutuhan rumah tangga sebagai pengguna terbanyak. Diharapkan nantinya setiap tahun jumlah pipa gas akan semakin banyak dan bisa menjangkau semua perumahan di kawasan Tangerang, Banten.

Penggunaan gas bumi sebagai sebuah energi baik yang seharusnya memang mendapatkan support besar dari berbagai kalangan. Jika dibandingkan dengan penggunaan tabung yang dijual per buah dengan harga yang sangat tinggi maka iuran per bulan untuk penggunaan fasilitas pipa gas sangatlah murah. Jika gas bumi digunakan untuk kebutuhan komersil dan sector besar lainnya maka akan sangat menghemat biaya operasional dan biaya bahan bakar dengan signifikan. Rencananya, di tahun 2016 ini PGN akan kembali menambah jaringan pipa gas seiring dengan bertambah besarnya permintaan untuk itu di Tangerang. Harapannya jaringan pipa gas tersebut tidak hanya untuk kebutuhan rumah tangga saja namun untuk kebutuhan industry seperti rumah sakit dan pabrik juga mengandalkan gas bumi.

“Tulisan ini disumbangkan untuk jadi artikel situs Si-Nergi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar