Rabu, 14 Desember 2016

PGN Mulai Mengembangkan Jaringan Gas Bumi di Kota Surabaya



Gas bumi menjadi salah satu kekayaan yang berhak untuk dinikmati oleh semua kalangan masyarakat di Indonesia. Hal ini merupakan sebuah kabar yang positif karena menggunakan gas bumi sama saja dengan memperbaiki taraf hidup dan mendukung perekonomian Indonesia untuk tumbuh dengan lebih pesat lagi. Saat ini PGN sedang melakukan ekspansi secara besar-besaran ke berbagai wilayah di Indonesia. Khususnya untuk wilayah Surabaya dan Jawa Timur yang tadinya belum sepenuhnya tersentuh oleh PGN. Saat ini perusahaan gas Negara sebagai satu-satunya distributor gas yang dikelola oleh pemerintah secara resmi semakin mengembangkan jaringan untuk bisa menjangkau semua daerah di Jawa Timur.

Jaman dulu kala disaat teknologi gas bumi belum tersedia, hampir semua masyarakat Indonesia masih bergantung dengan minyak tanah. Baik untuk keperluan rumah tangga, industry atau usaha lainnya kebanyakan mengandalkan minyak tanah. Padahal jika dihitung secara nilai ekonomi, harga minyak tanah jauh lebih tinggi dibandingkan dengan harga gas. Untuk itulah pemerintah kemudian concern dengan permasalahan ini. Dimulai dengan adanya bantuan tabung gas melon untuk masyarakat menengah kebawah dengan harapan penggunaan energi baik ini semakin merata secara bertahap. Hanya saja kendalanya saat itu adalah kurangnya pasokan dan stock gas yang kemudian menyebabkan kelangkaan. Hal ini lantas membuat masyarakat kembali menggunakan minyak tanah untuk keperluan setiap hari,

Dengan semakin banyaknya jaringan pipa gas yang dibuat oleh PGN di Indonesia maka seharusnya kelangkaan gas sudah tidak lagi terjadi. PGN menjadi lebih mudah dalam melakukan distribusi gas ke berbagai daerah dan unit usaha sehingga masyarakat tidak perlu lagi resah karena stock yang tidak pernah tersedia. Dan dengan begitu pula harga gas akan semakin stabil karena antara satu daerah dan yang lainnya akan sama. Ada ribuan sambungan gas yang sudah dibangun resmi oleh PGN untuk beberapa wilayah di kota Surabaya. Sebagian sudah berfungsi dan sebagian akan selesai saat tahun 2017 nanti. Hal ini akan sangat baik untuk mendukung program pemerintah yang ingin menjadikan kota Surabaya sebagai kota gas.

“Tulisan ini disumbangkan untuk jadi artikel situs Si-Nergi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar