Minggu, 04 Desember 2016

Harga Gas Mahal? Buktinya Penyaluran Gas Bumi di Palembang Terus Meningkat



Berbagai berita yang menyebutkan harga gas mahal rupanya. Hal ini terbukti dengan semakin banyaknya permintaan penyaluran gas bumi ke berbagai wilayah. Pemanfaatan gas bumi bahkan dinilai jauh lebih efektif dan efisien dibandingkan dengan menggunakan bahan bakar lainnya termasuk LPG yang sebelumnya disebut-sebut sebagai bahan bakar alternatif yang lebih terjangkau. Saat ini, perusahaan PGN yang merupakan perusahaan yang bertanggung jawab atas distribusi gas bumi ke berbagai wilayah di Indonesia terus berupaya untuk menyalurkan gas tersebut hingga menjangkau seluruh lapisan masyarakat dengan semakin meningkatkan pembangunan infrastruktur yaitu pipa gas bumi dari timur hingga barat wilayah Indonesia termasuk Palembang.

Dengan berbagai sosialisasi yang dilakukan, masyarakat akhirnya mulai menyadari dan memahami bahwa penggunaan gas bumi yang memang tersedia melimpah di negeri ini memberikan lebih banyak keuntungan dan manfaat sehingga permintaan penyaluran gas bumi ke berbagai wilayah pun semakin meningkat. Pada penggunaan yang sama, pemanfaatan gas bumi membutuhkan biaya yang lebih sedikit dibandingkan saat menggunakan gas LPG yang ternyata sebagian besar merupakan produk impor untuk memenuhi kebutuhan di dalam negeri. selain dari segi harga ataupun biaya, gas bumi ini juga termasuk bahan bakar yang ramah lingkungan. Tidak mengherankan ketika akhirnya pemanfaatan gas bumi ini mencakup masyarakat luas di berbagai kalangan mulai rumah tangga hingga industri besar. Dengan pemanfaatan gas bumi tersebut diharapkan mampu mendorong roda perekonomian masyarakat ke arah yang lebih baik serta mendukung serta memperkuat daya saing. 

Penambahan pembangunan pipa gas terus dilakukan perusahaan PGN pada tiap tahunnya. Ini merupakan salah satu bentuk komitmen dari perusahaan tersebut untuk menjadikan gas bumi sebagai sumber energi alternatif dengan berbagai keuntungan dan manfaat yang dimiliki. Dengan semakin meningkatnya pemanfaatan gas bumi di kalangan masyarakat, hal ini diharapkan juga mampu memperkuat kemandirian energi secara nasional.

Dalam beberapa waktu yang lalu, perusahaan PGN harus merelokasi beberapa ruas pipa gas bumi yang ada di Palembang untuk mendukung proyek pembangunan kereta api ringan yang ada di kawasan tersebut. Namun ternyata selain melakukan relokasi pipa, PGN juga aktif memperluas infrastruktur jaringan gas bumi di wilayah Palembang dan sekitarnya yang mana diharapkan dalam waktu dekat ada sekitar 15 industri besar di kota tersebut sudah bisa menikmati pasokan gas bumi dari PGN. Tentu saja, perluasan jaringan pipa gas bumi di Palembang juga mencakup ke jaringan gas untuk rumah tangga, komersil seperti cafe, hotel, rumah sakit, dan restoran, serta beberapa industri skala besar dan pembangkit listrik. Adanya penambahan penyaluran gas bumi tersebut bis amenajdi salah satu bukti bahwa harga gas mahal yang seringkali digembor-gemborkan sejumlah media hanyalah isapan jempol semata.

 “Tulisan ini disumbangkan untuk jadi artiketl situs Si-Nergi.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar