Selasa, 21 Februari 2017

Pengen Liburan, Tapi Lagi Sering Hujan? Ini Tipsnya




Sebagai negara tropis, Indonesia secara ilmiah hanya memiliki 2 musim, yaitu musim kemarau dan musim hujan dengan periode waktu yang berbeda. Musim kemarau yang dipengaruhi oleh angin muson timur dari benua Australia berlangsung dari bulan April hingga Oktober setiap tahunnya. Sedangkan musim hujan berlangsung dari bulan November hingga Maret dan dipengaruhi oleh angin muson barat dari benua Asia.

Umumnya orang-orang akan memilih berwisata di musim kemarau karena tidak sering hujan. Sayangnya masa liburan sekolah dan kerja seringkali bertepatan dengan berhembusnya angin muson barat. Bisa dipastikan, hampir semua wilayah Indonesia akan diguyur hujan.

Jangan khawatir. Kamu masih bisa kok pergi berlibur walaupun sedang musim hujan. Ada tips menarik buat kamu yang pengen liburan seru selama bulan November hingga Maret:

·         Pertimbangkan tujuan wisata. Kalau kamu biasa berlibur ke objek wisata outdoor, di musim hujan kamu bisa mempertimbangkan untuk memilih objek wisata indoor. Misalnya museum, pusat permainan dan hiburan keluarga, mengunjungi situs-situs kebudayaan dan lain sebagainya.

·         Bawa perlengkapan yang memadai. Jangan hanya memprioritaskan dokumentasi liburan saja. Kamu juga harus membekali diri dengan kebutuhan pribadi yang cukup, termasuk pakaian hangat, sandal jepit, jas hujan atau payung dan senter untuk jaga-jaga kalau listrik padam.

·         Persiapkan anggaran keuangan lebih dari biasanya. Meskipun kamu sudah menentukan pilihan destinasi liburan berikutnya dan memperhitungkan biaya akomodasi dan transportasi, ada baiknya tetap menyiapkan sejumlah uang untuk jaga-jaga. Cuaca di musim hujan seringkali sulit diprediksi, sehingga mudah membuat tubuh terserang penyakit seperti demam atau flu. Kamu mungkin harus tinggal di penginapan lebih lama karena tidak mungkin melakukan perjalanan pulang dalam kondisi sakit kan?

·         Persiapkan diri sebaik-baiknya. Jaga kondisi tubuh tetap fit agar tidak mudah tumbang diterpa cuaca musim hujan yang kurang bersahabat. Kamu bisa mengkonsumsi vitamin secukupnya sebelum memulai perjalanan.

·         Lindungi diri dengan asuransi khusus perjalanan. Resiko selama perjalanan bisa berupa apa saja, terutama di musim hujan. Jalanan yang licin serta insiden lain seperti tanah longsor dan banjir bisa menjadi penyebab terjadinya kecelakaan. Jadi, pastikan kamu juga membutuhkan perlindungan lengkap agar perjalanan saat berlibur nanti tetap aman dan nyaman.

                                                            
 
Cuaca di Indonesia memang sulit diprediksi. Tapi bukan berarti kamu tidak bisa menikmati masa liburan yang telah ditetapkan dari awal bukan? Yang penting, kamu persiapkan segala sesuatunya dengan baik sebelum berangkat. Selamat berlibur.

“Tulisan ini disumbangkan untuk jadi artikel situs jadimandiri.org

Tidak ada komentar:

Posting Komentar