Selasa, 21 Februari 2017

3 Cara Mengatur Keuangan Dalam Bisnis


Pengelolaan uang dalam dunia bisnis tentu menjadi salah satu hal yang sangat penting dan tentu saja harus selalu diperhatikan. Keuangan yang sehat tentu akan memberikan garansi bagi bisnis anda. Dengan keadaan keuangan yang stabil, bukan tidak mungkin bisnis anda akan berjalan lancar dan tentu tidak akan mendapatkan masalah yang berarti. Akan tetapi, beberapa wirausahawan sering terkendala dengan masalah yang satu ini. Mereka tidak cakap dalam mengelola uang mereka sehingga bisnis mereka pun terkadang akan terhambat. Ada beberapa cara mengatur uang dalam bisnis yang setidaknya dapat membantu anda untuk mengelola uang anda agar lebih sehat. Berikut caranya:

1.    Pisahkan uang pribadi dan uang bisnis
Masalah yang sering terjadi dalam bisnis adalah bercampurnya uang pribadi dan uang bisnis. Ini merupakan salah satu masalah besar yang sayangnya tidak disadari oleh beberapa orang. Bercampurnya uang pribadi dan uang bisnis tentu akan menyulitkan anda saat hendak mengatur menejemen keuangan anda. Oleh karena itu, pisahkanlah uang pribadi dan uang bisnis anda. Dalam hal ini, anda dapat menggunakan dua rekening berbeda untuk fungsi yang berbeda pula.


2.    Catat keuangan dengan rapi
Masalah lain yang sering muncul dalam dunia bisnis adalah pencatatan keuangan yang tidak rapi dan cenderung asal-asalan. Padahal, dalam hal ini, mencatat uang yang keluar dan masuk tentu merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk anda lakukan. Pencatatan ini akan memberikan kemudahan saat anda ingin melakukan cek atas keuangan bisnis anda. Dalam hal ini, usahakan mencatat segala transaksi yang ada dengan cermat, sehingga ketika ada masalah, maka anda akan lebih mudah mengatasinya.


3.    Segera selesaikan masalah
Terkadang, seorang pebisnis menganggap remeh suatu masalah yang muncul dalam usaha mereka. Beberapa masalah yang sering muncul, misalnya, target penjualan yang tidak sesuai atau modal yang sudah habis. Dalam hal ini, anda seharusnya segera menyelesaikan masalah yang ada agar tidak menjadi panjang dan menyebabkan masalah yang lainnya.

“Tulisan ini disumbangkan untuk jadi artikel situs jadimandiri.org

Tidak ada komentar:

Posting Komentar