Selasa, 21 Februari 2017

5 Faktor Yang Menjadi Tantangan Bagi Wirausahawan



Menjadi Entrepreneurship merupakan salah satu hal yang menarik untuk dicoba. Beberapa orang berfikir bahwa menjadi wirausaha adalah pekerjaan yang lebih menjanjikan. Selain keuntungan lebih banyak yang didapatkan, menjadi wirausaha akan memberikan waktu pribadi yang lebih, sehingga anda akan merasa lebih bebas saat menjalani pekerjaan anda. Akan tetapi, mengutip pendapat dari Boediono (mantan wakil presiden Indonesia), ada beberapa hal yang menjadi tantangan bagi calon wirausahawan, khususnya di Indonesia. Apa saja tantangannya?

1.    Penegakan hukum
Masalah penegakan hukum masih menjadi salah satu hal yang menjadi tantangan tersendiri bagi calon wirausahawan di Indonesia. Aturan pemerintah yang terkadang tidak berpihak, tentu akan membatasi ruang gerak dari ide wirausaha yang akan anda jalankan. Disadari atau tidak, aturan yang dibuat oleh pemerintah memiliki dampak bagi pengembangan usaha pemula maupun yang sudah lama.


2.    Kondisi makro-ekonomi
Disadari atau tidak, kondisi ekonomi di Indonesia belum bisa dikatakan stabil. Masih ada beberapa hal yang patut menjadi koreksi bagi pemerintah. Ketidakstabilan perekonomian ini tentu akan sangat berpengaruh pada wirausahawan yang hendak mencoba bergerak sendiri dan mencari modal dalam pengembangan usahanya.

3.    Masalah infrastruktur
Meskipun pemerintah menganggarkan biaya untuk pembangunan infrastruktur setiap tahun, masalah ini tidak kunjung selesai. Kini, masih ada masalah infrastruktur yang mau tidak mau akan mempengaruhi para wirausahawan, misalnya saat hendak membeli bahan baku atau mengirim beberapa barang keluar daerah.


4.    Regulasi yang rumit
Fakta yang masih ada hingga sekarang ini adalah regulasi yang masih rumit ada di Indonesia. Ini merupakan salah satu tantangan yang sangat penting untuk diketahui bagi para calon wirausahawan. Dalam hal ini, seringkali regulasi yang berkembang justru menjadi penghambat bagi industry kecil yang sedang merangkak.

5.    Layanan finansial yang minim
Layanan finansial menjadi salah satu hal yang sangat penting bagi kalangan wirausahawan karena ini adalah nyawa bagi mereka. Akan tetapi, kini, layanan finansila dengan cara yang mudah dan bunga yang ringan masih jarang ditemukan.

“Tulisan ini disumbangkan untuk jadi artikel situs jadimandiri.org

Tidak ada komentar:

Posting Komentar