Selasa, 21 Februari 2017

4 Cara Jitu Mengatur Gaji Bulanan




Terkadang kita terlena sebab baru beberapa hari mendapatkan gaji, uang hasil jerih payah kita langsung terkuras habis. Ini merupakan salah satu masalah yang sering dialami oleh para karyawan yang tidak memiliki pengetahuan yang lebih dalam menejemen gaji. Tentu saja, mengetahui beberapa tips jitu mengatur gaji bulanan adalah hal yang penting untuk dipahami. Dengan mengetahui beberapa tips tersebut, kita akan terhindar dari masalah finansial yang kadang mendera. Berikut ada beberapa tips yang harus anda perhatikan, yaitu:

                                                      

1.    Membuat anggaran belanja
Masalah keuangan sering muncul karena kita tidak memiliii anggaran yang jelas untuk menggunakan gaji bulanan tersebut. Dalam hal ini, salah satu tips yang sangat penting untuk dipahami adalah membuat anggaran belanja. Dengan membuat anggaran belanja ini, anda dapat memperkirakan kebutuhan anda dan memilih mana yang penting maupun yang tidak.

2.    Memiliki dua rekening bank
Memiliki dua rekening bank merupakan salah satu cara yang jamak dilakukan sekarang ini. Dengan memiliki dua rekening bank, anda tentu akan lebih mudah untuk memisahkan dana yang anda miliki, misalnya dana untuk keperluan sehari-hari maupun dana tabungan. Jika anda kurang baik dalam mengatur uang, ide ini sepertinya perlu anda coba.

3.    Lunasi hutang dan cicilan
Saat anda menerima gaji, jangan langsung berpikir untuk menggunakan uang gaji dan bersenang-senang. Anda harus memikirkan tunggakan yang mungkin anda miliki. Hal ini penting karena utang yang terus ada akan sangat mengganggu rencana keuangan jangka panjang. Jika anda memiliki utang, maka segera lunasi atau cicil terlebih dahulu.

4.    Catat pengeluaran
Mencatat beberapa pengeluaran merupakan hal yang cukup penting untuk dilakukan. Beberapa orang merasa tidak tahu uangnya habis untuk membeli apa. Oleh karena itu, sebisa mungkin anda selalu mencatat beberapa pengeluaran yang sudah anda lakukan. Dalam hal ini, dengan bekal catatan yang anda miliki, tentu saja anda dapat memilah kebutuhan mana yang akan anda utamakan dan tentu anda akan lebih baik dalam mengatur keuangann anda.

“Tulisan ini disumbangkan untuk jadi artikel situs jadimandiri.org

2 komentar: