Selasa, 22 November 2016

Pemerintah Terus Dorong PGN dalam Perluasan Jaringan Gas Bumi Murah



Adanya harga Gas Bumi Murah sepertinya cukup menarik perhatian masyarakat luas untuk beralih menggunakan gas alam tersebut untuk menunjang kebutuhan energi di banyak sektor. Selama ini, guna memenuhi kebutuhan bahan bakar termasuk LPG, pemerintah harus mengimpor dan mengeluarkan biaya yang cukup besar per harinya. Ketersediaan gas bumi yang cukup melimpah di Indonesia sepertinya menjadi sebuah solusi praktis untuk bisa memanfaatkannya sebagai sumber energi alternatif untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga hingga berbagai industri berskala besar. Hal inilah yang membuat pemerintah terus mendorong PT Perusahaan Gas Negara (PGN) untuk semakin memperluas jaringan gas bumi di Indonesia.

Sejauh ini pembangunan infrastruktur pipa gas bumi dilakukan dengan biaya mandiri tanpa mengandalkan APBN sehingga pemasangan gas langsung ke rumah juga masih tergolong mahal. Namun demikian, pemerintah juga berupaya untuk bisa memberikan lebih banyak kemudahan bagi masyarakat dalam memanfaatkan gas bumi yang dinilai jauh lebih efisien dibandingkan gas tabung LPG sehingga mendorong perusahaan gas terkait untuk mengupayakan perluasan jaringan gas bumi guna menjangkau seluruh lapisan masyarakat. Beberapa keuntungan masyarakat ketika menggunakan gas bumi antara lain dinilai lebih aman karena pemasangan dilakukan langsung oleh pihak perusahaan dan melakukan pengecekan secara rutin untuk memastikan semua berjalan baik dan aman. Semenjak beroperasi dan menyalurkan gas bumi belum terdapat laporan kecelakaan terjadi khusunya untuk kebutuhan rumah tangga.

Selain itu, pemanfaatan gas bumi juga dinilai lebih hemat dibandingkan menggunakan gas LPG. Pada jumlah penggunaan yang sama, pelanggan bisa mendapatkan penghematan yang cukup besar saat beralih menggunakan gas bumi yaitu sekitar 60%. Tak hanya itu, pengguna gas bumi juga tak perlu dihadapkan pada kerepotan ketika gas tiba-tiba habis ataupun pasokan tabung gas di pasaran yang menipis. Pemanfaatan gas bumi memungkinkan pengguna bisa mendapatkan pasokan gas yang selalu tersedia selama 24 jam penuh tapa pelu khawatir kehabisan gas. Dan, penggunaan gas bumi yang memang tersedia melimpah bahkan dinilai akan cukup untuk memenuhi kebutuhan hingga 150 tahun mendatang,  hal ini pastinya juga akan membuat negara lebih hemat triliunan rupiah karena bisa mengurangi impor minyak mentah sekaligus memberikan subsidi bagi masyarakat. Hal inilah mengapa pemerintah akan terus berupaya untuk mendorong PGN dalam meningkatkan dan memperluas jaringan Gas Bumi Murah ke jangkauan yang lebih luas.

Tulisan ini disumbangkan untuk jadi artikel situs Si-Nergi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar