Selasa, 22 November 2016

Kata Siapa Harga Gas Mahal? Ini Bukti Nyatanya!



Banyaknya berita tentang harga gas mahal rupanya hanya isapan jempol semata karena pemanfaatan Gas Bumi justru dinilai mampu meningkatkan penghematan. PT. Perusahaan Gas Negara (PGN) sepertinya akan terus berupaya untuk bisa menyalurkan dan memasyarakatkan pemanfaatan gas bumi di negara ini. Penyaluran gas tersebut melalui pipa gas yang dibangun perusahaan tersebut untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang lebih luas di Indonesia. Bahkan, perusahaan pengelola gas bumi tersebut juga berupaya untuk bisa menyebarluaskan pemanfaatan gas bumi ini mulai dari ujung timur hingga barat negara ini. Hal ini terbukti dengan adanya penyaluran gas bumi ke sejumlah wilayah di Sorong Papua sehingga saat ini asyarakat di wilayah timur Indonesia sudah bisa menikmati kenyamanan dan kepraktisan memasak dengan menggunakan bahan bakar gas bumi yang pastinya lebih bersih, tersedia melimpah di Indonesia, dan juga lebih efisien.

Gas bumi bisa dimanfaatkan sebagai salah satu sumber energi yang sangat ramah lingkungan. Selain itu, pemanfaatan gas bumi ini tak hanya mencakup kebutuhan dapur dan memasak semata melainkan bisa menunjang kebutuhan masyarakat yang lebih luas yaitu mulai sarana transportasi bajaj, UMKM, bahkan juga mencakup ke industri skala besar. Pemanfaatan gas bumi ini dinilai akan mampu mendorong roda perekonomian masyarakat secara nasional serta mendukung dan memperkuat daya saing di berbagai sektor mulai rumah tangga, UMKM, komersial, transportasi, industri, dan kelistrikan. Perusahaan PGN terus berupaya untuk meningkatkan distribusi gas bumi di Indonesia dengan menambah panjang pipa gas pada tiap tahunnya. Hal ini merupakan salah satu bentuk komitmen dari PGN untuk menjadikan gas bumi sebagai energi alternatif pilihan yang memberikan banyak manfaat dan keuntungan. Selain itu, pemanfaatan gas bumi diharapkan juga mampu memperkuat kemandirian energi nasional.

Pasokan gas bumi juga memiliki kepastian dalam pasokan. Namun, kepastian pasokan saja tentu tidaklah cukup untuk bisa menyalurkan pemanfaatan gas bumi tersebut secara lebih merata ke berbagai wilayah. Dalam hal ini juga diperlukan adanya pembangunan infrastruktur serta penguatan pasar sehingga bisa memberikan jaminan generasi gas bumi di masa depan. Saat ini, proses penyaluran dan pemasangan pipa gas dibangun dengan menggunakan biaya mandiri tanpa mengandalkan APBN yang mana juga akan mendapatkan penambahan secara berkala untuk bisa memenuhi kebutuhan masyarakat yang lebih luas nantinya. Upaya keras yang dilakukan PGN memang sangat patut mendapatkan apresiasi terutama dari masyarakat yang merupakan target pasar dari pemanfaatan gas bumi tersebut. Masyarakat tak perlu khawatir tentang sejumlah info yang menyebutkan bahwa harga gas mahal karena semua itu tidak terbukti.

Tulisan ini disumbangkan untuk jadi artikel situs Si-Nergi.

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar