Jumat, 04 Maret 2016

Tahukah Anda, Indonesia Mempunyai 8 Sumber Energi Terbarukan ? Yuk, Disimak!



Indonesia mempunyai 8 sumber energi terbarukan, apa sih energi terbarukan itu? Energi terbarukan atau energi berkelanjutan adalah energi yang cepat dipulihkan kembali secara alami, yang dihasilkan dari sumberdaya energi yang tidak akan habis bahkan berkelanjutan jika dikelola dengan baik. Indonesia memiliki cukup banyak sumber energi terbarukan, diantaranya: biofuel, biomassa, panas bumi, air, angin, matahari, gelombang laut, dan pasang surut.

Namun, Indonesia belum memanfaatkan sumber energi terbarukan secara optimal. Sebanyak 90% energi di Indonesia masih menggunakan energi berbahan fosil (batubara, minyak bumi, dan gas alam), kurang dari 10% sumber energi terbarukan yang dimanfaatkan di Indonesia. Dari berbagai sumber energi terbarukan yang tersedia, baru energi air yang banyak dimanfaatkan.

Pembangkit listrik yang bersumber dari energi panas bumi, angin, dan matahari pun masih bisa dihitung dengan jari, sedangkan sumber energi yang berasal dari laut, meski pun potensinya sangat besar, nyatanya belum satupun yang berhasil dikembangkan. 


Tulisan ini disumbangkan untuk jadi artikel situs Si-Nergi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar