Senin, 16 Januari 2017

Siapkan 4 juta Untuk ke Raja Ampat



Raja Ampat terkenal akan keindahan alam dan dunia bawah lautnya sehingga tersohor hingga ke mancanegara. Sayangnya, biaya akomodasi untuk berkunjung ke Raja Ampat masih sangat mahal sehingga banyak yang mengurungkan niat untuk ke sana.

Padahal mahalnya biaya akomodasi untuk ke Raja Ampat masih bisa diakali. Terdapat beberapa celah yang bisa dimanfaatkan untuk menghemat biaya akomodasi semaksimal mungkin, bahkan hanya membutuhkan uang sekitar 4 jutaan.

Bagaimana caranya? Berikut ada beberapa trik yang bisa kamu lakukan untuk menekan biaya ke Raa Ampat:

·           Persiapkan itinerary sebaik mungkin
Buat rancangan atau rencana perihal kunjungan kalian, yang meliputi destinasi serta biayanya. Siapkan budget sekitar 4 hingga 4,5 juta rupiah yang akan digunakan untuk tiket pesawat, tiket kapal, transportasi selama di sana serta biaya konsumsi.

Dengan budget segitu, kamu tidak bisa pergi secara dadakan, Buat itinerary minimal 6 bulan sebelum tanggal keberangkatan.

·           Pesan tiket pesawat setidaknya 3 bulan sebelum keberangkatan
Siapkan 1 hingga 1,5 juta untuk tiket pesawat ke Sorong, Papua Barat. Beli tiket 3 bulan sebelum keberangkatan untuk menekan harga semaksimal mungkin. Angan lupa, tambahkan 2 juta rupiah harga tiket ke Sorong dalam initienary kalian. Kurangi 4,5 juta  anggaran dengan biaya tersebut sehingga tersisa 2,5 juta.

·           Bawa satu hanya backpack 
Ini adalah strategi lain untuk menekan biaya akomodasi. Usahakan membawa barang - barang yang dianggap penting saja. Jika perlu, bawa sleeping bag dan tenda kecil. Bawa makanan ringan atau mi instan sebagai bekal. Usahakan agar barang bawaan tidak melebihi satu ransel karena akan mempengaruhi biaya bagasi pesawat.
  
·           Ajak teman sebanyak-banyaknya
Dengan minimal 7—10 orang maka akan membuat biaya akomodasi terutama transportasi selama di sana semakin murah karena biaya transportasi untuk pergi ke pulau-pulau favorit tergolong mahal, terutama jika ditanggung sendiri. Makin banyak teman untuk diajak patungan, makin murah biaya tranportasi.

Berikut adalah estimasi biaya akomodasi ke Raja Ampat:

·         Tiket pesawat ke Sorong: Rp 1.500.000/orang
·         Taksi dari Sorong ke Pelabuhan Rakyat (PP): Rp 20.000/ orang
·         Ongkos Kapal Fiber ke Waisai (PP): Rp 240.000/orang
·         Biaya konservasi Depbudpar: Rp 500.000
·         Sewa perahu menuju Wayag (PP): Rp500.000/orang
·         Biaya penginapan: Rp 400.000
·         Biaya makan: Rp 300.000
·         Biaya Kapal PELNI: Rp 800.000
·         Total biaya yang dibutuhkan: Rp 4.260.000

“Tulisan ini disumbangkan untuk jadi artikel situs jadimandiri.org

Tidak ada komentar:

Posting Komentar