Senin, 13 Maret 2017

Startup Fintech Amartha Semakin Kuat Dengan Pendanaan dari Bank Mandiri






Startup fintech Amartha mendapatkan pendanaan dari Bank Mandiri. Dalam kegiatan pendanaan untuk investasi startup fintech dalam bidang peer-to-peer lending (P2P) Amartha, Mandiri Capital Indonesia yang merupakan anak perusahaan Bank Mandiri menjadi investor terbesar, berada diatas Lynx Asia Partners yang juga ikut dalam pendanaan. Hal ini tentunya membuat Amartha semakin kuat setelah sebelumnya mendapatkan dukungan investasi dari Beenext dan Midplaza Holding.

Amartha merupakan perusahaan pembiayaan masyarakat yang sudah lebih dari tujuh tahun memberikan dukungan kepada berbagai pengusaha mikro di Indonesia, terutama masyarakat yang tidak berhubungan dengan bank (unbanked). Pinjaman usaha yang diberikan berkisar antara Rp. 3-10 juta. Biasanya peminjamnya adalah pengusaha kecil dalam budidaya ikan atau usaha warung. 

Sejauh ini, Amartha telah mampu memodernisasi segmen mikro sehingga ada alternatif sumber permodalan bagi bisnis yang dijalankan atau dalam perencaan masyarakat lapisan bawah. Dengan pendekatan yang tepat, jumlah tersebut mampu menciptakan kesempatan bagi masyarakat lapisan bawah untuk meningkatkan kesejahteraan mereka.  

Amartha melakukan startup fintech untuk menyediakan platform online bagi pemberi pinjaman (lender). Dengan adanya platform tersebut, para pemberi pinjaman bisa mengetahui informasi lengkap tentang peminjam mulai dari tujuan pembiayaan hingga skor kredit peminjam. Apa yang dimiliki Amartha bisa memberikan nilai lebih pada portofolio investasi Mandiri Capital Indonesia yang berfokus pada pengembangan pengusaha perintis (startup). Bagi Bank Mandiri sendiri, Amartha bisa mendukung visi perusahaan yaitu meningkatkan inklusi keuangan ke seluruh tanah air.

Jaringan yang telah dimiliki oleh Amartha sangat luas dan kuat hingga ke berbagai pelosok daerah. Tentunya, kemampuan Amartha menyentuh masyarakat unbanked merupakan kelebihan tersendiri. Selain itu, tim yang dimiliki Amartha cukup tangguh dengan kepemimpinan yang kuat.

Dengan kerjasamanya ini, Amartha memiliki target untuk bisa tumbuh agresif. Teknologi keuangan yang sedang mengalami peningkatan tren seiring dengan tren dunia online tentunya menjadi sasaran yang tepat, terutama fintech peer-to-peer lending yang akan menjadi industri unggulan. Diharapkan, pertumbuhan Amartha akan memberikan dampak yang lebih luas bagi masyarakat unbanked dan juga untuk kondisi ekonomi Indonesia.

“Tulisan ini disumbangkan untuk jadi artikel situs http://www.jadimandiri.org"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar