Senin, 13 Maret 2017

Kabar Baik bagi Masyarakat Unbanked – Bank Mandiri Menanam Modal untuk Amartha






Masyarakat Indonesia yang tidak memiliki rekening bank atau tidak memiliki hubungan apapun dengan institusi bank yang disebut dengan unbanked, kini mendapatkan kabar gembira dengan penanaman modal yang dilakukan oleh Bank Mandiri untuk Amartha. Penanaman modal tersebut dilakukan oleh anak perusahaan Bank Mandiri yaitu Mandiri Capital Indonesia untuk investasi startup fintech dalam bidang peer-to-peer lending yang dilakukan oleh Amartha.

Amartha sendiri merupakan perusahaan pembiayaan yang memiliki fokus pada bisnis peer-to-peer lending untuk masyarakat unbanked. Amartha sudah memiliki rekam jejak selama lebih dari 7 tahun di bidang pembiayaan mikro dengan klien utamanya merupakan pengusaha mikro perempuan. Hingga saat ini sudah lebih dari 30 ribu pengusaha mikro yang terbantu dengan jumlah pinjaman antara 3 juta hingga 10 juta rupiah.  Total dana yang telah disalurkan lebih dari Rp. 68 milyar.

Startup yang dilakukan oleh Amartha adalah untuk menyediakan platform website untuk online lender. Melalui platform tersebut, para pemberi pinjaman akan mendapatkan akses menyeluruh pada informasi peminjam, mulai dari latar belakang pembiayaan hingga peruntukan pembiayaan hingga skor kredit yang dimiliki oleh peminjam. 

Sebelumnya, Amartha telah mendapatkan penanaman modal dari Beenext dan Midplaza Holding. Pada pendanaan kali ini, Lynx Asia Partners juga menanamkan modalnya pada Amartha. Mandiri Capital Indonesia yang merupakan perusahaan patungan antara Bank Mandiri dengan PT. Mandiri Sekuritas menjadi penanam modal terbesar.

Bagi Mandiri Capital Indonesia, model bisnis yang dilakukan oleh Amartha memiliki nilai yang sangat penting bagi perekonomian Indonesia. Amartha mampu menyentuh lapisan masyarakat unbanked dengn solusi pembiayaan mikronya. Amartha juga mendukung visi Bank Mandiri untuk meningkatkan inklusi keuangan yang meliputi seluruh tanah air dengan jaringannya yang kuat di pelosok. Hal tersebut disampaikan oleh Eddi Danusaputro, Direktur Utama Mandiri Capital Indonesia.

Dengan adanya penanaman modal ini, bisnis Amartha yang selama ini telah menjembatani masyarakat unbanked untuk mendapatkan pinjaman usaha akan menjadi lebih kuat. Dengan lebih kuatnya Amartha, diharapkan akan lebih banyak masyarakat yang terbantu, terutama masyarakat yang berada di lapisan piramida paling bawah.

“Tulisan ini disumbangkan untuk jadi artikel situs http://www.jadimandiri.org"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar