Sabtu, 19 November 2016

Harga Gas Mahal ? Perusahaan Genteng ini Jadi Pelanggan Gas Bumi



Harga gas mahal, tidak menghalangi perusahaan genteng ini meraih keuntungan jutaan rupiah, hingga sudah diekspor hingga ke Malaysia dan Singapura. PT Genteng Teracotta Industri sudah puluhan tahun mengandalkan gas bumi sebagai bahan bakar utama dalam produksi genteng keramik. Pabrik genteng yang berlokasi di Majalengka, Jawa Barat tersebut dalam sebulan dapat memproduksi hingga 550.000 lembar genteng keramik.

Saat ini, PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk. (PGAS) sudah memasok gas bumi hingga ke 19.301 pelanggan di Cirebon. Adapun, salah satu pelangganya adalah PT Genteng Terracotta Industri yang sudah mengekspor genteng hasil produksinya hingga ke luar negeri berkat gas dari PGAS.  Luar biasa bukan ? Terbukti, harga gas mahal tidak membawa kerugian tapi malah membawa keuntungan yang besar.

"Kami sudah puluhan tahun mengandalkan gas bumi untuk produksi genteng. Gas-nya dipasok oleh PT Perusahaan Gas Negara (PGN)," kata Direktur Keuangan PT Genteng Teracotta Industri, Ana Merliana, Selasa (25/10/2016). "Apalagi pakai gas bumi memberikan penghematan besar pada kami, kalau pakai kayu bakar atau minyak biayanya tinggi sekali, apalagi cari kayu bakar tiap hari dalam jumlah banyak juga tidak mudah," ungkapnya.

Anna menambahkan, walau saat ini persaingan bisnis genteng sangat ketat dengan munculnya genteng metal, pasar genteng keramik masih cukup luas. Genteng Keramik memiliki keunggulan seperti tahan puluhan tahun dan tahan segala kondisi cuaca.

Kepala Pemasaran Area PGN Cirebon Ade Sutisna juga mengatakan Genteng Teracotta Industri merupakan salah satu pelanggan PGN yang menikmati manfaat besar dari penggunaan gas bumi. Pabrik genteng ini mendapatkan pasokan gas sebanyak 204.000 meter kubik dari PGN, yang mengalir 24 jam dimanfaatkan sebagai bahan bakar tungku atau oven untuk mengeringkan genteng yang berbahan dasar tanah. Pengeringan dengan oven yang berbahan bakar gas bumi juga sangat membantu terlebih jika sedang musim penghujan seperti sekarang ini.

Hingga saat ini panjang pipa gas PGN di Cirebon sekitar 402 km yang memasok gas ke 19.301 pelanggan, mulai dari rumah tangga, usaha kecil menengah hingga industri besar. Secara nasional, PGN memasok gas bumi ke lebih dari 116.600 pelanggan rumah tangga. Selain itu, 1.900 usaha kecil, mal, hotel, rumah sakit, restoran, hingga rumah makan, serta 1.580 industri berskala besar dan pembangkit listrik.

“Tulisan ini disumbangkan untuk menjadi artikel situs Si-Nergi

Sumber :
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar